Jumat, 29 Agustus 2008

Menanggulangi Virus di Flashdisk

Ngadepin virus emang bikin kesel, kalo mo tahu lebih lanjut ngatasin virus khususnya yang telah menginfeksi flashdisk ini caranya

Virus, emang bikin kesel. Kalo kita abis dapet file dari temen lewat flasdisk, tiba-tiba bukan file yang tercopy tapi virus. Karena tiba-tiba pas dibuka di komputer filenya  udah berubah, semua menjadi aplikasi atau yang berekstensi .exe

Kalo udah begini, gak usah kuatirrrrrr karena sebenarnya data itu tidak hilang, tapi cuma disembunyikan alias disuperhiddenkan oleh virus.

Untuk mengembalikannya, yang musti kita persiapkan adalah flashdisk yang sudah terinfeksi virus + komputer yamg masih bersih. Kemudian ikutin cara ini : pertama, hubungkan flashdisk ke komputer, kalo autorunnya hidup harap dicancel saja, kedua, buka flash dari explorer dengan cara klik kanan START > explorer lalu buka flashdisknya. Ketiga, klik View > Detail, dilanjutkan dengan klik tulisan type sekali, kalo ada folder atau file tapi type nya aplikasi (.exe) berarti itu adalah virus, keempat, langsung hapus semua folder atau file yang ber-ekstensi aplikasi (.exe) dengan cara di block terlebih dahulu kemudian tekan SHIFT+DELETE. Habis itu flashdisknya keliatan kosong, padahal sebenarnya ngak tuhhh.

Sekarang kita kembalikan data-data dengan cara, pertama, buka command prompt caranya klik start lalu  run kemudian klik cmd, kedua, misalnya flashdisk sebagai drive D, maka di command promt tulis c:\d:
setelah itu di command promt terlihat D:\
di dalam command promt D:\ tersebut ketik "attrib -s -h /D /S" (tanpa ")

catatan: kalo virusnya sudah kemana-mana, mending install ulang ajaaa OSnya

0 komentar:

Posting Komentar